Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim, adalah salah satu Program keahlian baru sebagai pengembangan dari Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak , pada Kurikulum 2021 atau kita sering menyebutnya kurikulum paradigma baru.
apa saja yang dipelajari pada Program keahlian ini ???? ….
Program ini berkonsentrasi pada bidang informatika, yaitu software developer, baik itu web developer, mobile developer maupun game developer. Dengan kata lain lulusan Program Keahlian PPLG di arahkan menjadi Programmer, Web Desain, Web Programming, ataupun Developer. Program keahlian ini menjadi sebuah Program keahian yang cukup menarik, karena dengan berkembangnya Teknology dan zaman, hampir semua komponen kehidupan di dunia ini memerlukan Aplikasi, dan orang yang mampu menyediakan aplikasi adakah lulusan PPLG, jadi kami sangat yakin di tahun – tahun kedepan, Program Keahlian ini menjadi promadona, dan kalian yang memilih Program keahlian ini tidak akan menyesal karena memilih Program Keahian ini.
Visi :
Menjadi program studi yang unggul, memiliki daya saing global di bidang Pengembangan Perangkat Lunak & Gim yang mendukung ekonomi kreatif pada tahun 2023
Misi :
Tujuan :
Profil Lulusan PPLG SMKS NU Tasikmalaya
Kompetensi Hardskill yang di butuhkan sebagai acuan lulusan PPLG adalah
Kompetensi Softskill , yang harus di miliki oleh Peserta didik
Nama Lengkap : Adang Ardiansyah, ST
NUPTK : –
Tempat/ Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 04 Agustus 1989
Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika
Jabatan di Jurusam : Kepala Program Keahlian
TMT : 2017
Mata Peajaran yang diampu : Pemrograman dasar, Dasar Desain Grafis, Komputer dan Jaringan dasar
Kemampuan dibidang IT : Menguasai Hardware Komputer, menguasai jaringan komputer, menguasai Desain Grafis, menguasai teknik dasar internet
Nama Lengkap : Pia Rahmatillah, ST, Gr
NUPTK : 20253319190002
Tempat/Tanggal Lahir. : Tasikmalaya, 31 Maret 1990
Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika
Jabatan di Jurusan : Sekretaris Program Keahlian
TMT : 2014
Mata Pelajaran yang diampu : Pemodelan Perangkat Lunak, Sistem Komputer
Kemampuan di bidang IT : menguasai Office, menguasai desain dan pemodelan perangkat lunak, menguasai dasar elektro dan IOT, menguasai dasar-dasar siste komputer
Nama Lengkap : Nizar Suryadi, ST, Gr
NUPTK : 104776766120003
Tempat / Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 15 Juli 1989
Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika
Jabatan Di Jurusan : Instruktur
TMT : 2013
Mata Pelajaran Yang Diampu : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak, Basis Data, Pemrograman Orientasi Obejct
Keahlian di bidang IT : Menguasai Bahasa Pemrograman PHP, menguasai HTML, Menguasai hardware dan software, menguasai Office, menguasai desain grafis corel draw dan canva, berpengalaman membangun sistem akademik, menguasai RDBSM Mysql
Nama Lengkap : Disza Jatnika Athar Gunawan, ST
NUPTK : –
Tempat / Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 14 Oktober 1997
Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika
Jabatan di Jurusan : Instruktur
TMT : 2020
Mata Pelajaran yang diampu : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak, Basis Data, Pemrograman Orientasi Obejct
Keahlian dibidang IT : Menguasai Bahasa Pemrograman PHP, menguasai HTML, Menguasai hardware dan software, menguasai Office, menguasai desain grafis corel draw dan canva, berpengalaman membangun sistem akademik, menguasai RDBSM Mysql
Nama Lengkap : Yadi Mulyadi, S.Kom
NUPTK :
Tempat / Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 12 Maret 1987
Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika
Jabatan di Jurusan : Instruktur
TMT : 2022
Mata Pelajaran yang diampu : Basis Data, Product Kreatife dan Kewirausahaan
Keahlian dibidang IT : Data base, hardware dan software, menguasai office.
Nama Lengkap : Ferdi Atsani Mubarak
NUPTK :
Tempat / Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 02 Oktober 2000
Pendidikan Terakhir : SMK, (Sedang Menempuh Pendidikan S1)
Jabatan di Jurusan : Tools Man/Instruktur
TMT : 2022
Mata Pelajaran yang diampu : Basis Data
Keahlian dibidang IT : Menguasai Database, Menguasai Hardware, Game
Mata Pelajaran : Komputer dan Jaringan Dasar
Unit Kompetensi : Hardware
Total JP : 32 JP
No |
Elemen |
Waktu dalam JP (1 JP = 45 ”) |
1 |
Pendahuluan |
|
|
– Pengenalan Komputer – Pengenalan Sistem Komputer (Hardware, Software, Brainware) Latihan dan Quis |
4
|
2 |
Pengenalan Hardware |
4 |
|
– Komponen Input Pada Komputer – Komponan Proses Pada Komputer – Komponen Output Pada Komputer Latihan dan Quis |
|
3 |
Pengenalan Software |
16 |
|
– Pengenalan Sistem Operasi – Pengenalan Software Aplikasi
Latihan dan Quis
– Instalasi Sistem Operasi 1. Pembuatan Bootable via Flasdisk 2. Instalasi Sistem Operasi
– Instalasi Software Aplikasi Utama 1. Instalasi Aplikasi Office 2. Instalasi Aplikasi Multmedia
– Instalasi Perangkat Pendukung 1. Instalasi Driver Printer dll |
|
4 |
Project Base Learning Instalasi Perangkat PC dari 0 – dapat digunakan konsumen
|
8 |
Mata Pelajaran : Pemrograman Dasar
Unit Kompetensi : Algoritma Dasar
Total JP : 32 JP
No |
Elemen |
Waktu dalam JP (1 JP = 45 ”) |
1 |
Pendahuluan |
|
|
– Pengenalan Algoritma – Sejarah Algoritma – Struktur Algoritma (squensial, Pemilihan, Pengulangan) Latihan dan Quis |
4
|
2 |
Pengenalan Algoritma |
4 |
|
Latihan dan Quis |
|
3 |
Pengenalan Software |
16 |
|
Latihan dan Quis |
|
4 |
Project Base Learning
|
8 |
Mata Pelajaran : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak
Unit Kompetensi : Pemrograman Web (HTML)
Total JP : 72 JP
No |
Elemen |
Waktu dalam JP (1 JP = 45 ”) |
1 |
Pendahuluan |
|
|
– Pengenalan mengenai website, apa itu website, tools dalam mengembangkan sebuah website – Latihan dan Quis |
8
|
2 |
Pengenalan HTML |
8 |
|
– Pengenalan HTML – Membuat Halaman Pertama HTML – Struktur Dasar HTML – Identifikasi Elemen Pada halaman website – Latihan dan Quis |
|
3 |
Pendalaman HTML |
32 |
|
– Typografi (Paragraft, Headline, Sub, Sup) – List (orderlist, unorderlist) – Ananomi Tabel (table, thead, tbody, tr, td, td, colspan, rowspan, tabel on tabel)
Quis berbasis project
– Multimedia (img, sound, video) – Anchor (href) – Formulir (text, textarea, checkbox, select)
Quis berbasis project
|
|
4 |
Project Base Learning
Membuat Halaman website 1. Portopolio Pribadi 2. Company Profile sekolah sekolah dibawah LP Ma Arif NU Tasikmalaya 3. Company Profile perusahaan yang telah MoU dengan SMKS NU Tasikmalaya
|
24 |
Mata Pelajaran : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak
Unit Kompetensi : Pemrograman Web (CSS)
Total JP : 72 JP
No |
Elemen |
Waktu dalam JP (1 JP = 45 ”) |
1 |
Pendahuluan |
|
|
– Pengenalan CSS, kenapa membutuhkan CSS dalam Pemrograman Web Latihan dan Quis |
8
|
2 |
Pengenalan CSS |
8 |
|
– Pengenalan Cara Kerja CSS – Anatomy CSS – Penggunaan CSS dalam HTML – CSS Native – CSS Framework Latihan dan Quis |
|
3 |
Pendalaman CSS |
40 |
|
CSS Native – Style Pada Text – Style Pada Multimedia – Style Pada Tabel – Style Pada Formulir
Latihan dan Quis
CSS Framework – Install CSS Framework pada halaman website – Pengenalan class pada CSS Framework – Menggunakan CSS Framework pada halaman website
Latihan dan Quis |
|
4 |
Project Base Learning
Membuat Halaman website 1 Portopolio Pribadi (tambahkan Style) 2 Company Profile sekolah sekolah dibawah LP Ma Arif NU Tasikmalaya (tambahkan Style) 3 Company Profile perusahaan yang telah MoU dengan SMKS NU Tasikmalaya (tambahkan Style)
|
16 |
Mata Pelajaran : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak
Unit Kompetensi : Pemrograman Web (Javascript)
Total JP : 72 JP
No |
Elemen |
Waktu dalam JP (1 JP = 45 ”) |
1 |
Pendahuluan |
|
|
– Pengenalan Javascript, kenapa membutuhkan Javascript dalam Pemrograman Web – Latihan dan Quis |
8
|
2 |
Pengenalan Javascript |
8 |
|
– Pengenalan Cara Kerja Javascript – Anatomy Javascript – Penggunaan Javascript dalam HTML – Javascript Native – Javascript Framework |
|
3 |
Pendalaman Javascript |
40 |
|
– Variabel dan Type Data – Array 1 dimensi dan multidimensi – Pencabangan
Latihan dan Quis (Aplikasi Kalkulator, dll)
– Pengulangan – Fungsi
Latihan dan Quis (Aplikasi Pemilihan dll)
|
|
4 |
Project Base Learning
Membuat Halaman website 1 Portopolio Pribadi (tambahkan Style + javascript) 2 Company Profile sekolah sekolah dibawah LP Ma Arif NU Tasikmalaya (tambahkan Style + javascript) 3 Company Profile perusahaan yang telah MoU dengan SMKS NU Tasikmalaya (tambahkan Style + javascript)
|
16 |
Mata Pelajaran : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak
Unit Kompetensi : Pemrograman Web (PHP)
Total JP : 72 JP
No |
Elemen |
Waktu dalam JP (1 JP = 45 ”) |
1 |
Pendahuluan |
|
|
– Pengenalan PHP, kenapa membutuhkan Javascript dalam Pemrograman Web – Pengenalan Cara Kerja PHP – Pengenalan Web Server (Apache, EnginX, dll) Latihan dan Quis |
8
|
2 |
Pengenalan PHP |
8 |
|
– Anatomy PHP – Penggunaan PHP dalam HTML – Instalasi Web Server Latihan dan Quis |
|
3 |
Pendalaman PHP 1 |
16 |
|
Fundamental PHP – Variabel dan Operator – Pencabangan – Pengulangan – Fungsi – Session & Coccies |
|
4 |
Pendalaman PHP 2 |
24 |
|
CRUD Pada PHP – Read Data – Insert Data (create) – Update Data – Delete Data |
|
4 |
Project Base Learning
Membuat Halaman website 1. Portopolio Pribadi (tambahkan Style + javascript + PHP) 2. Company Profile sekolah sekolah dibawah LP Ma Arif NU Tasikmalaya (tambahkan Style + javascript + PHP) 3. Company Profile perusahaan yang telah MoU dengan SMKS NU Tasikmalaya (tambahkan Style + javascript + PHP)
|
16 |
Mata Pelajaran : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak
Unit Kompetensi : Pemrograman Web Framework (CodeIgniter)
Total JP : 144 JP
No |
Elemen |
Waktu dalam JP (1 JP = 45 ”) |
1 |
Pendahuluan |
|
|
– Perkenalan tentang Web Framework yang ada – Pengenalan MVC pada Web Framework – How to Built Web Application Must Make Web Framework ??? – Latihan dan Quis |
8
|
2 |
Pengenalan CodeIginiter |
16 |
|
– Pengenalan CodeIgniter – MVC Pada CodeIgniter – Instalasi CodeIgniter – File Direktori CodeIgniter – Latihan dan Quis |
|
3 |
Pendalaman CodeIgniter 1 |
|
|
Penggunaan MVC pada CodeIgniter – Method Controller – Passing Variabel pada URL – Passing Variabel dengan View – Pengenalan Model (cara membuat file model) – Pengenalan View (cara membuat file view) – Mengenal Library model, view, dan controller (cara memanggil view, dan model pada controller) – Penggunaan Construct Latihan dan Quis |
16 |
4 |
Pendalaman CodeIgniter 2 |
|
|
CRUD Pada Codeigniter – Setting dan configurasi awal CodeIgniter – Read Data – Create Data – Update Data – Delete Data Latihan dan Quis |
32 |
4 |
Pendalaman CodeIgniter 3 |
|
|
Library Pada CodeIgniter – URI CodeIgniter – Form Validation – Pagination – Upload – Session Latihan dan Quis |
24 |
5 |
Pendalaman CodeIgniter 3 |
|
|
Templating CodeIgniter + Boostrap/Tailwind CSS – Pembagian bagian Kode (Header, Footer, Body) – Penyesuaian Penggunaan Boostrap / Tailwind Latihan dan Quis |
16 |
6 |
Project Base Learning
Membuat Halaman website 1. Portopolio Pribadi (tambahkan Style + javascript + PHP + Codeigniter + Boostrap) 2. Company Profile sekolah sekolah dibawah LP Ma Arif NU Tasikmalaya (tambahkan Style + javascript + PHP + Codeigniter + Boostrap) 3. Company Profile perusahaan yang telah MoU dengan SMKS NU Tasikmalaya (tambahkan Style + javascript + PHP + Codeigniter + Bootstrap)
|
32 |
Mata Pelajaran : Basis Data
Unit Kompetensi : DBMS
Total JP : 72 JP
No |
Elemen |
Waktu dalam JP (1 JP = 45 ”) |
1 |
Pendahuluan |
|
|
– Pengenalan Apa itu Basis Data – Jenis jenis Database yang ada – Database yang akan digunakan – Latihan dan Quis |
8
|
2 |
Pengenalan Basis Data |
16 |
|
– Struktur Database (Tabel, Field, Record) – Kode – kode DDL – Kode – Kode DML – Relasi & Normalisasi – Latihan dan Quis |
|
3 |
Pendalaman Database 1 |
24 |
|
Fundamental Basis Data (berbasis Terminal) – DDL 1. Membuat Database (create database) 2. Menggunakan Database (use) 3. Mengubah Nama Database (change) 4. Menghapus Database (drop) 5. Membuat Tabel (create) 6. Mengubah Struktur Tabel (alter) 7. Menghapus Tabel (drop) – DML 1. Menampilkan record pada tabel (select) 2. Mengisi record pada tabel (insert) 3. Mengubah record pada tabel (update) 4. Menghapus record pada tabel (delete)
|
|
4 |
Pendalaman Database 2 |
8 |
|
Menggunakan Platform DBMS (phpMyAdmin, HeidiSQL, Mysql Front) |
|
5 |
Project Base Learning – Membuat database Portopolio Pribadi – Membuat Database Company Profile |
16 |
Komentar Terbaru