Minggu, 10 Nov 2024
  • SMK Nu Kota Tasikmalaya - SMK Center Of Exelence Tahun 2020 - SMK PK Tahun 2021 - Sekolah Penggerak Tahun 2021 - SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan Industri 2022

PPL dan Gim (RPL)

PPL dan Gim (RPL)

Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim, adalah salah satu Program keahlian baru sebagai pengembangan dari Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak , pada Kurikulum 2021 atau kita sering menyebutnya kurikulum paradigma baru.

apa saja yang dipelajari pada Program keahlian ini ???? …. 

Program ini berkonsentrasi pada bidang informatika, yaitu software developer, baik itu web developer, mobile developer maupun game developer. Dengan kata lain lulusan Program Keahlian PPLG di arahkan menjadi Programmer, Web Desain, Web Programming, ataupun Developer. Program keahlian ini menjadi sebuah Program keahian yang cukup menarik, karena dengan berkembangnya Teknology dan zaman, hampir semua komponen kehidupan di dunia ini memerlukan Aplikasi, dan orang yang mampu menyediakan aplikasi adakah lulusan PPLG, jadi kami sangat yakin di tahun – tahun kedepan, Program Keahlian ini menjadi promadona, dan kalian yang memilih Program keahlian ini tidak akan menyesal karena memilih Program Keahian ini.

 

Visi :

Menjadi program studi yang unggul, memiliki daya saing global di bidang Pengembangan Perangkat Lunak & Gim yang mendukung ekonomi kreatif pada tahun 2023

 

 

Misi :

  1. Mencetak lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berlandaskan ASWAJA.
  2. Mengadakan pendidikan bermutu di bidang Pengembangan Perangkat Lunak & Gim untuk mengembangkan sumber daya manusia yang mandiri, bernalar kritis sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas, kompeten dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
  3. Banyak mengikuti Kompetensi Kompetensi Dibidang Pengembangan Perangkat Lunak
  4. Banyak Mengikuti Kelas – kelas online untuk menambah pembendaharaan wawasan Pengambangan Perangkat Lunak
  5. Menambah Rekan Kerja (Dunia Kerja dalam pengembangan kompetensi guru dan siswa)
  6. Banyak melibatkan Profesi – Profesi yang konsep di bidang Pengembangan Perangkat Lunak untuk menjadi guru tamu di sekolah

Tujuan : 

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Pengembangan Perangkat Lunak & Gim 
  2. Menghasilkan lulusan yang kreatif
  3. Menjadi juara Lomba Kompetensi Siswa tingkat provinsi pada tahun 2022
Profil Lulusan PPLG SMKS NU Tasikmalaya

Kompetensi Hardskill yang di butuhkan sebagai acuan lulusan PPLG adalah

  1. Mampu Mengoperasikan Komputer dengan baik
  2. Mampu Mengoperasikan Software Office Komputer dengan baik
  3. Mampu Memperbaiki Kerusakan Ringan Pada Hardware Komputer
  4. Mampu Memperiaki Kerusakan Ringan Pada Software Komputer
  5. Mampu Membuat Desain Banner, Flyer, dan Soft Grafis lainnya
  6. Mampu Menganalisa Sebuah alur Program
  7. Menguasai Bahasa Marqup (HTML)
  8. Menguasai Bahasa Front (Javascript, CSS)
  9. Menguasai salah satu Bahasa Pemrograman(PHP, Javascript, Dart, Kotlin, Java, dll)
  10. Mampu Menguasai DBMS (Mysql,Postgree)
  11. Mampu Membangun Halaman Web dengan WordPress
  12. Mampu Membangun Aplikasi Berbasis Web atau Mobile
  13. Mampu Membuat Desain UI/UX baik itu berbasis Web maupun Mobile

Kompetensi Softskill , yang harus di miliki oleh Peserta didik

  1. Mendahulukan Hak Alloh
  2. Selalu Bersikap Tanggung Jawab
  3. Selalu Bersikap Jujur
  4. Mau Bekerja Keras
  5. Berkolaborasi
  6. Kritikal Thingking
  7. Mampu Menjual Product yang dibuat (TekhnoPreaner)
  8. Mampu Berkomunikasi

Nama Lengkap : Adang Ardiansyah, ST

NUPTK : – 

Tempat/ Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 04 Agustus 1989

Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika

Jabatan di Jurusam : Kepala Program Keahlian

TMT : 2017

Mata Peajaran yang diampu : Pemrograman dasar, Dasar Desain Grafis, Komputer dan Jaringan dasar

Kemampuan dibidang IT : Menguasai Hardware Komputer, menguasai jaringan komputer, menguasai Desain Grafis, menguasai teknik dasar internet

Nama Lengkap : Pia Rahmatillah, ST, Gr

NUPTK : 20253319190002

Tempat/Tanggal Lahir. : Tasikmalaya, 31 Maret 1990

Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika

Jabatan di Jurusan : Sekretaris Program Keahlian

TMT : 2014

Mata Pelajaran yang diampu : Pemodelan Perangkat Lunak, Sistem Komputer

Kemampuan di bidang IT : menguasai Office, menguasai desain dan pemodelan perangkat lunak, menguasai dasar elektro dan IOT, menguasai dasar-dasar siste komputer

Nama Lengkap : Nizar Suryadi, ST, Gr

NUPTK : 104776766120003

Tempat / Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 15 Juli 1989

Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika

Jabatan Di Jurusan : Instruktur

TMT : 2013

Mata Pelajaran Yang Diampu : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak, Basis Data, Pemrograman Orientasi Obejct

Keahlian di bidang IT : Menguasai Bahasa Pemrograman PHP, menguasai HTML, Menguasai hardware dan software, menguasai Office, menguasai desain grafis corel draw dan canva, berpengalaman membangun sistem akademik, menguasai RDBSM Mysql 

 

Nama Lengkap : Disza Jatnika Athar Gunawan, ST

NUPTK : – 

Tempat / Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 14 Oktober 1997

Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika 

Jabatan di Jurusan : Instruktur 

TMT : 2020

Mata Pelajaran yang diampu : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak, Basis Data, Pemrograman Orientasi Obejct

Keahlian dibidang IT : Menguasai Bahasa Pemrograman PHP, menguasai HTML, Menguasai hardware dan software, menguasai Office, menguasai desain grafis corel draw dan canva, berpengalaman membangun sistem akademik, menguasai RDBSM Mysql 

Nama Lengkap : Yadi Mulyadi, S.Kom

NUPTK : 

Tempat / Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 12 Maret 1987

Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika 

Jabatan di Jurusan : Instruktur

TMT : 2022

Mata Pelajaran yang diampu : Basis Data, Product Kreatife dan Kewirausahaan

Keahlian dibidang IT : Data base, hardware dan software, menguasai office.

Nama Lengkap : Ferdi Atsani Mubarak 

NUPTK : 

Tempat / Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 02 Oktober 2000

Pendidikan Terakhir : SMK, (Sedang Menempuh Pendidikan S1)

Jabatan di Jurusan : Tools Man/Instruktur

TMT : 2022

Mata Pelajaran yang diampu : Basis Data

Keahlian dibidang IT : Menguasai Database, Menguasai Hardware, Game

Silabus Pembelajaran PPLG

Mata Pelajaran           : Komputer dan Jaringan Dasar

Unit Kompetensi        : Hardware

Total JP                       : 32 JP


    No

Elemen

Waktu dalam JP

(1 JP = 45 ”)

1

Pendahuluan

 

 

        Pengenalan Komputer

        Pengenalan Sistem Komputer (Hardware, Software, Brainware)

Latihan dan Quis

4

 

2

Pengenalan Hardware

4

 

        Komponen Input Pada Komputer

        Komponan Proses Pada Komputer

        Komponen Output Pada Komputer

Latihan dan Quis

 

3

Pengenalan Software

16

 

        Pengenalan Sistem Operasi

        Pengenalan Software Aplikasi

 

Latihan dan Quis

 

        Instalasi Sistem Operasi

1.     Pembuatan Bootable via Flasdisk

2.     Instalasi Sistem Operasi

 

        Instalasi Software Aplikasi Utama

1.     Instalasi Aplikasi Office

2.     Instalasi Aplikasi Multmedia

 

        Instalasi Perangkat Pendukung

1.     Instalasi Driver Printer dll

 

4

Project Base Learning

Instalasi Perangkat PC dari 0 – dapat digunakan konsumen

 

8


Mata Pelajaran           : Pemrograman Dasar

Unit Kompetensi        : Algoritma Dasar

Total JP                       : 32 JP

 

    No

Elemen

Waktu dalam JP

(1 JP = 45 ”)

1

Pendahuluan

 

 

        Pengenalan Algoritma

        Sejarah Algoritma

        Struktur Algoritma (squensial, Pemilihan, Pengulangan)

Latihan dan Quis

4

 

2

Pengenalan Algoritma

4

 

 

Latihan dan Quis

 

3

Pengenalan Software

16

 

Latihan dan Quis

 

4

Project Base Learning

 

8

 


Mata Pelajaran           : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak

Unit Kompetensi        : Pemrograman Web (HTML)

Total JP                       : 72 JP

 

    No

Elemen

Waktu dalam JP

(1 JP = 45 ”)

1

Pendahuluan

 

 

        Pengenalan mengenai website, apa itu website, tools dalam mengembangkan sebuah website

        Latihan dan Quis

8

 

2

Pengenalan HTML

8

 

        Pengenalan HTML

        Membuat Halaman Pertama HTML

        Struktur Dasar HTML

        Identifikasi Elemen Pada halaman website

        Latihan dan Quis

 

3

Pendalaman HTML

32

 

        Typografi (Paragraft, Headline, Sub, Sup)

        List (orderlist, unorderlist)

        Ananomi Tabel (table, thead, tbody, tr, td, td, colspan, rowspan, tabel on tabel)

 

Quis  berbasis project

 

        Multimedia (img, sound, video)

        Anchor (href)

        Formulir (text, textarea, checkbox, select)

 

Quis  berbasis project

 

 

4

Project Base Learning

 

Membuat Halaman website

1.     Portopolio Pribadi

2.     Company Profile sekolah sekolah dibawah LP Ma Arif NU Tasikmalaya

3.     Company Profile perusahaan yang telah MoU dengan SMKS NU Tasikmalaya

 

24


Mata Pelajaran           : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak

Unit Kompetensi        : Pemrograman Web (CSS)

Total JP                       : 72 JP

 

    No

Elemen

Waktu dalam JP

(1 JP = 45 ”)

1

Pendahuluan

 

 

        Pengenalan CSS, kenapa membutuhkan CSS dalam Pemrograman Web

Latihan dan Quis

8

 

2

Pengenalan CSS

8

 

        Pengenalan Cara Kerja  CSS

        Anatomy CSS

        Penggunaan CSS dalam HTML

        CSS Native

        CSS Framework

Latihan dan Quis

 

3

Pendalaman CSS

40

 

CSS Native

        Style Pada Text

        Style Pada Multimedia

        Style Pada Tabel

        Style Pada Formulir

 

Latihan dan Quis

 

CSS Framework

        Install CSS Framework pada halaman website

        Pengenalan class pada CSS Framework

        Menggunakan CSS Framework pada halaman website

 

Latihan dan Quis

 

4

Project Base Learning

 

Membuat Halaman website

1       Portopolio Pribadi (tambahkan Style)

2       Company Profile sekolah sekolah dibawah LP Ma Arif NU Tasikmalaya (tambahkan Style)

3       Company Profile perusahaan yang telah MoU dengan SMKS NU Tasikmalaya (tambahkan Style)

 

16


Mata Pelajaran           : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak

Unit Kompetensi        : Pemrograman Web (Javascript)

Total JP                       : 72 JP

 

    No

Elemen

Waktu dalam JP

(1 JP = 45 ”)

1

Pendahuluan

 

 

        Pengenalan Javascript, kenapa membutuhkan Javascript dalam Pemrograman Web

        Latihan dan Quis

8

 

2

Pengenalan Javascript

8

 

        Pengenalan Cara Kerja  Javascript

        Anatomy Javascript

        Penggunaan Javascript dalam HTML

        Javascript Native

        Javascript Framework

 

3

Pendalaman Javascript

40

 

        Variabel dan Type Data

        Array 1 dimensi dan multidimensi

        Pencabangan

 

Latihan dan Quis (Aplikasi Kalkulator, dll)

 

        Pengulangan

        Fungsi

 

Latihan dan Quis (Aplikasi Pemilihan dll)

 

 

4

Project Base Learning

 

Membuat Halaman website

1       Portopolio Pribadi (tambahkan Style + javascript)

2       Company Profile sekolah sekolah dibawah LP Ma Arif NU Tasikmalaya (tambahkan Style + javascript)

3       Company Profile perusahaan yang telah MoU dengan SMKS NU Tasikmalaya (tambahkan Style + javascript)

 

16


Mata Pelajaran           : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak

Unit Kompetensi        : Pemrograman Web (PHP)

Total JP                       : 72 JP

 

    No

Elemen

Waktu dalam JP

(1 JP = 45 ”)

1

Pendahuluan

 

 

        Pengenalan PHP, kenapa membutuhkan Javascript dalam Pemrograman Web

        Pengenalan Cara Kerja  PHP

        Pengenalan Web Server (Apache, EnginX, dll)

Latihan dan Quis

8

 

2

Pengenalan PHP

8

 

        Anatomy PHP

        Penggunaan PHP dalam HTML

        Instalasi Web Server

Latihan dan Quis

 

3

Pendalaman PHP 1

16

 

Fundamental PHP

        Variabel dan Operator

        Pencabangan

        Pengulangan

        Fungsi

        Session & Coccies

 

4

Pendalaman PHP 2

24

 

CRUD Pada PHP

        Read Data

        Insert Data (create)

        Update Data

        Delete Data

 

4

Project Base Learning

 

Membuat Halaman website

1.     Portopolio Pribadi (tambahkan Style + javascript + PHP)

2.     Company Profile sekolah sekolah dibawah LP Ma Arif NU Tasikmalaya (tambahkan Style + javascript + PHP)

3.     Company Profile perusahaan yang telah MoU dengan SMKS NU Tasikmalaya (tambahkan Style + javascript + PHP)

 

16



 Mata Pelajaran           : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak

 Unit Kompetensi        : Pemrograman Web Framework (CodeIgniter)

 Total JP                       : 144 JP

 

    No

Elemen

Waktu dalam JP

(1 JP = 45 ”)

1

Pendahuluan

 

 

        Perkenalan tentang Web Framework yang ada

        Pengenalan MVC pada Web Framework

        How to Built Web Application Must Make Web Framework ???

        Latihan dan Quis

8

 

2

Pengenalan CodeIginiter

16

 

        Pengenalan CodeIgniter

        MVC Pada CodeIgniter

        Instalasi CodeIgniter

        File Direktori CodeIgniter

        Latihan dan Quis

 

3

Pendalaman CodeIgniter 1

 

 

Penggunaan MVC pada CodeIgniter

        Method Controller

        Passing Variabel pada URL

        Passing Variabel dengan View

        Pengenalan Model (cara membuat file model)

        Pengenalan View (cara membuat file view)

        Mengenal Library model, view, dan controller (cara memanggil view, dan model pada controller)

        Penggunaan Construct

Latihan dan Quis

16

4

Pendalaman CodeIgniter 2

 

 

CRUD Pada Codeigniter

        Setting dan configurasi awal CodeIgniter

        Read Data

        Create Data

        Update Data

        Delete Data

Latihan dan Quis

32

4

Pendalaman CodeIgniter 3

 

 

Library Pada CodeIgniter

        URI CodeIgniter

        Form Validation

        Pagination

        Upload

        Session

Latihan dan Quis

24

5

Pendalaman CodeIgniter 3

 

 

Templating CodeIgniter + Boostrap/Tailwind CSS

        Pembagian bagian Kode (Header, Footer, Body)

        Penyesuaian Penggunaan Boostrap / Tailwind

Latihan dan Quis

16

6

Project Base Learning

 

Membuat Halaman website

1.     Portopolio Pribadi (tambahkan Style + javascript + PHP + Codeigniter + Boostrap)

2.     Company Profile sekolah sekolah dibawah LP Ma Arif NU Tasikmalaya (tambahkan Style + javascript + PHP + Codeigniter + Boostrap)

3.     Company Profile perusahaan yang telah MoU dengan SMKS NU Tasikmalaya (tambahkan Style + javascript + PHP + Codeigniter + Bootstrap)

 

32

 

 

           

            Mata Pelajaran           : Basis Data

            Unit Kompetensi        : DBMS

            Total JP                       : 72 JP

 

    No

Elemen

Waktu dalam JP

(1 JP = 45 ”)

1

Pendahuluan

 

 

        Pengenalan Apa itu Basis Data

        Jenis jenis Database yang ada

        Database yang akan digunakan

        Latihan dan Quis

8

 

2

Pengenalan Basis Data

16

 

        Struktur Database (Tabel, Field, Record)

        Kode – kode DDL

        Kode – Kode DML

        Relasi & Normalisasi

        Latihan dan Quis

 

3

Pendalaman Database 1

24

 

Fundamental Basis Data (berbasis Terminal)

        DDL

1.     Membuat Database (create database)

2.     Menggunakan Database (use)

3.     Mengubah Nama Database (change)

4.     Menghapus Database (drop)

5.     Membuat Tabel  (create)

6.     Mengubah Struktur Tabel (alter)

7.     Menghapus Tabel (drop)

        DML

1.     Menampilkan record pada tabel (select)

2.     Mengisi record pada tabel (insert)

3.     Mengubah record pada tabel (update)

4.     Menghapus record pada tabel (delete)

 

 

4

Pendalaman Database 2

8

 

Menggunakan Platform DBMS (phpMyAdmin, HeidiSQL, Mysql Front)

 

5

Project Base Learning

        Membuat database Portopolio Pribadi

        Membuat Database Company Profile

16

 

           

 

KELUAR
Need Help?